Perbedaan antara Kerupuk dan Keripik



Keripik dan kerupuk adalah 2 makanan ringan olahan yang sangat akrab dengna maysarakat indonesia. Hampir semua kita pernah merasakan atau memakan dua makanan ini. Keripik dan kerupuk termasuk ke dalam makanan ringan atau cemilan atau bisa juga digunakan sebagai pelengkap makanan utama alias sebagai lauk pauk. 

Meski penyebutannya mirip, keripik dan kerupuk jelas berbeda. Perbedaan paling mendasar dari kedua makanan ini adalah proses pengolahan bahan mentahnya. Selain itu jenis keripik lebih beragam ketimbang kerupuk.

Kerupuk:

  1. Bahan Dasar: Terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan lumatan udang atau ikan.
  2. Proses Pembuatan: Adonan dikukus, kemudian disayat-sayat tipis atau dibentuk dengan alat cetak, dan dijemur sebelum digoreng.
  3. Asal Mula: Pertama kali muncul di tanah Jawa dengan nama Kerupuk rambak, tercatat dalam naskah Jawa Kuno sejak sebelum abad ke-10 Masehi.
  4. Jenis-jenis Umum: Kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk aci (dari adonan sagu), kerupuk kulit, kerupuk mlarat, dll.
  5. Penggunaan: Digunakan sebagai hidangan pelengkap, dalam lomba makan (kerupuk), dan pada makanan seperti gado-gado, nasi goreng, dsb.
  6. Sejarah: Sudah ada di Jawa sejak abad ke-9 atau ke-10 Masehi.

Keripik:

  1. Bahan Dasar: Terbuat dari irisan tipis umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng dalam minyak nabati.
  2. Proses Pembuatan: Dapat melibatkan penggorengan, penjemuran, atau pengeringan, tergantung pada jenisnya.
  3. Rasa dan Varian: Bisa memiliki rasa asin, pedas, manis, asam, gurih, atau kombinasi dari semua itu.
  4. Jenis-jenis Umum: Keripik bayam, keripik daun melinjo, keripik belut, keripik jagung, keripik pisang, keripik singkong, keripik apel, dsb.
  5. Pengolahan: Ada yang digoreng dengan menggunakan kuali/wajan secara manual, ada juga yang menggunakan mesin Vacuum Fryer.
  6. Perbedaan dengan Kerupuk: Keripik umumnya memiliki isi olahan yang diiris tipis, bahan baku yang dihancurkan, dan variasi rasa yang lebih beragam.

Perbandingan Pengolahan:

  • Keripuk: Dengan atau tanpa tepung, bahan diiris tipis, penggorengan manual atau dengan Vacuum Fryer.
  • Kerupuk: Menggunakan tepung, bahan dihancurkan, penggorengan manual, dan biasanya melibatkan penjemuran.

Kesimpulan: Meskipun keduanya merupakan makanan ringan yang digoreng, kerupuk lebih terkait dengan adonan tepung dan bahan laut (udang/ikan), sementara keripik mencakup berbagai variasi yang terbuat dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran dengan variasi rasa yang lebih luas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Harun Masiku, Kenapa Sulit ditangkap?

Frekuensi RCTI Digital

Yamaha SR400